Bentuk Kepala Bayi Baru Lahir Lonjong Memanjang


Rahasia Hamil - Kenapa kepala bayi saya kok lonjong dan agak besar? Normalkah kepala bayi bentuknya lonjong memanjang? Bagaimana cara mengobati bentuk kepala bayi yang lonjong agar normal kembali? 

Bentuk Kepala Bayi Baru Lahir Lonjong Memanjang

Kepala Bayi Saya Lonjong, Apa Itu Berbahaya? - Ketika bayi lahir, orang tua umumnya memperhatikan bentuk kepala bayinya, entah itu dalam persalinan normal ataupun cesar. Tidak sedikit orangtua yang bertanya-tanya mengapa bentuk kepala bayinya kok lonjong dan agak besar? 

Perlu diketahui, bayi yang dilahirkan lewat persalinan normal memiliki bentuk kepala yang memanjang atau lonjong. Ini berbeda dengan bayi yang dilahirkan secara cesar. Kepala bayi yang lonjong bukanlah suatu kelainan, ini akan kembali ke bentuk semula sekitar satu minggu kedepan. Sebenarnya apa sih yang mempengaruhi bentuk kepala bayi baru lahir? dikutip dari okezone dot com, berikut adalah yang menyebabkan bayi terlahir dengan kepala lonjong memanjang. 

- Pengaruh dari bentuk panggul ibu.
Bentuk panggul memang tidak berpengaruh secara langsung dengan bentuk kepala bayi, namun lamanya proses persalinan dapat mempengaruhi bentuk kepala janin. Bentuk panggul yang ideal adalah bentuk ginekoid (pintu atas panggul tampak berbentuk bulat atau agak lonjong).
Sedangkan beberapa bentuk panggul yang dapat menghambat proses persalinan antara lain: 
bentuk antropoid (pintu atas panggul agak lonjong seperti telur),
android (panggul seperti laki-laki atau pintu atas panggul seperti bentuk segitiga), 
platipelloid (pintu atas panggul lonjong tapi menyempit di bagian belakang). 

- Pengaruh dari besar dan berat janin.
Janin yang besar bisa dipastikan kepalanya akan besar juga. Dibandingkan dengan janin yang kecil, janin yang besar akan lebih sulit untuk melewati jalan lahir dan membutuhkan penyesuaian bentuk kepala yang lebih selama proses persalinan. 

- Pengaruh dari penggunaan alat bantu persalinan. 
Misalnya penggunaan vakum atau forcep. 

Orangtua perlu memperhatikan lingkar kepala bayi baru lahir.
Sebenarnya yang harus diperhatikan bukan bentuk kepala melainkan lingkar kepala bayi, karena lingkar kepala menentukan proses perkembangan otak bayi. Tak masalah bentuk kepalanya lonjong jika lingkar kepalanya normal. Untuk bayi Indonesia rata-rata panjang badannya 48-50 cm, dengan lingkar kepala 34-35 cm dan akan bertambah 0,5 cm setiap bulannya. Agar lebih akurat bisa melihat pada grafik lingkar kepala. Jenis kelamin dan panjang badan juga mempengaruhi lingkar kepala bayi. 

Sumber : http://cara-merawat-balita.blogspot.com/2016/01/bentuk-kepala-bayi-baru-lahir-lonjong.html
Bentuk Kepala Bayi Baru Lahir Lonjong Memanjang Bentuk Kepala Bayi Baru Lahir Lonjong Memanjang Reviewed by Auroratarra on Desember 16, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.