Telat Datang Bulan; Hamil atau Tidak



Rahasia hamil - Secara umum penyebab terlambat datang bulanantara wanita satu dan yang lain tidak selalu sama. Namun demikian biasanya wanita mengambil kesimpulan terlalu dini terhadap hal ini dengan menganggapnya sebagai tanda kehamilan, pasalnya telat haid atau menstruasi ini sangat identik dengan gejala wanita yang sedang hamil.
Menstruasi sendiri adalah siklus bulanan dimana lapisan pada dinding yang berisi banyak darah dan cairan meluruh keluar dari vagina karena pembuahan tidak terjadi. Setiap wanita memiliki periode yang berbeda dalam menjalani siklusnya, ada yang lama, ada yang pendek, ataupun mempunyai siklus yang teratur. Namun ketika pembuahan itu berhasil dalam periode tersebut, maka menstruasi berhenti sampai persalinan terjadi. Sebab itulah wanita menghubungkan ketika telat menstruasi berarti kehamilan.
Baca Juga : Salah Satu Tanda Kehamilan


Namun bukan hanya kehamilan yang menyebabkan wanita telat datang bulan namun ada beberapa factor, antara lain:

1.        Stres
Stres menjadi ancaman diam dan salah satu penyebab banyaknya penyakit yang memengaruhi tubuh Anda. Jika anda mengalami stres emosional, Anda bisa melewatkan menstruasi karena gangguan siklus hormonal.
2.        Kegemukan
Apabila berat Anda lebih dari 92 kilogram (kg), Anda dianggap obesitas. Anda pun bisa menjadi korban menstruasi yang tak teratur dan menstruasi terlambat.
3.        Kekurusan
Anda yang mengalami gangguan makan bisa menyebabkan organ vital tubuh tak berfungsi dengan baik sehingga ini bisa menjadi alasan Anda terlambat menstruasi.
4.        Traveling
Apabila Anda sering bepergian antarbenua, Anda bisa mengalami terlambat haid. Ketika tubuh Anda menyesuaikan waktu tertentu, Anda bisa terlambat haid.
5.        Terlalu Banyak Olahraga
Terlalu banyak olahraga bisa menjadi masalah kesehatan. Ketika Anda mengekspose tubuh Anda dengan latihan yang berlebihan, ini memengaruhi kesehatan fisik Anda. Alasan inilah yang bisa membuat menstruasi Anda terlambat.
6.        Tubuh tidak fit
Sakit menjadi salah satu alasan Anda terlambat haid. Ketika tingkat kekebalan tubuh Anda turun, Anda tak akan mengalami ovulasi dan inilah yang menyebabkan haid tertunda.
7.        Thyroid
Ini adalah masalah yang cukup umum dialami perempuan yakni gangguan tiroid sehingga memengaruhi ovulasi dan siklus menstruasi yang tidak teratur. Apapun yang mengganggu normalnya ovulasi bisa menyebabkan menstruasi terlambat.
8.        Obar-obatan
Apakah Anda minum obat-obatan secara teratur, karena ini bisa menyebabkan terlambatnya haid. Di sisi lain, ada beberapa obat yang memengaruhi tubuh termasuk siklus haid.
9.        Salah perhitungan
Siklus menstruasi bervariasi dari satu perempuan ke perempuan lain. Siklus menstruasi rata-rata selama 28 hari. Tapi, untuk beberapa perempuan adalah 30 hari atau lebih. Dengan demikian, ini menjadi alasan haid Anda terlambat.
10.     Jadwal Kerja
Mengubah jadwal bisa memengaruhi jam tubuh Anda. Ini biasanya memengaruhi perempuan yang memiliki fluktuasi jam kerja, seperti pergeseran pagi dan malam.
11.     Kehamilan
Haid yang telat datang adalah salah satu cirri wanita sedang hamil. Untuk memastikan kehamilan tersebut perlu dilakukan tes, bisa menggunakan testpack atau USG ke dokter kandungan.

Setelah mengetahui kondisi anda dan tahu mengapa haid anda telat datang maka anda bisa melakukan usaha-usaha agar kondisi menjadi normal.
Telat Datang Bulan; Hamil atau Tidak Telat Datang Bulan; Hamil atau Tidak Reviewed by Auroratarra on Februari 09, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.